Sabtu, 02 Juni 2018

Semua Anak adalah Bintang #5

Mbay adalah anak yang cenderung penurut. Mungkin memang di usia sepertinya saat ini, anak-anak sedang dalam masa menurut pada orangtuanya. Momen ini tentu saja dimanfaatkan oleh Mamaknya untuk membuat anak-anak, khususnya Mbay mau melakukan sesuatu yang akan berguna bagi kesehatannya.

Mamaknya selalu mengingatkan Mbay untuk rajin munum air putih. Apabila air kencingnya berwarna kuning, maka Mamak mengatakan Mbay kurang banyak minum. Maka Mbay akan berusaha minum cukup banyak agar pipisnya tidak terlalu kuning.

Yang mendasari Mamaknya melakukan edukasi tentang hubungan antara warna air kencing dan banyaknya minum adalah Kakaknya yang pernah terkena infeksi saluran kencing (ISK). Saat itu Kakaknya terkena demam, Mamaknya minta Kakak untuk banyak minum, memang dia banyak minum, namun malas untuk pipis terus-menerus, sehingga pada akhirnya terserang ISK.

Terkadang Mamak pun mengatakan bahwa anak-anak harus makan banyak sayur agar Pupnya tidak keras. Mbay yang penurut pun akan mau makan sayuran.

Ada sedikit sisi jelek dari sifat gampang penurut ini, Mbay bisa dengan mudah dipengaruhi oleh temannya untuk melakukan sesuatu yang menurut temannya itu baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar