Jumat, 01 Desember 2017

Hari ke #1 Melatih Kemandirian Anak-anak untuk Gosok Gigi Sebelum Tidur

Saat ini saya memasuki game level ke #2 di kelas Bunda Sayang IIP. Tema yang harus dilakukan adalah melatih kemandirian. Kemandirian ini bisa dilatih untuk anak, pasangan, bahkan diri sendiri. Kali ini saya akan berikhtiar menumbuhkan kemandirian anak-anak untuk mau menggosok gigi sebelum tidur. Well, sebenarnya ini sih pe er sekeluarga, soalnya kami semua suka lupa gosok gigi sebelum tidur, termasuk saya juga, hehehe. Tapi, khusus untuk tantangan kali ini saya akan lebih spesifik menceritakan tentang perjalanan dedey melatih kemandiriannya.

Dedey, 2 tahun 10 bulan, masih amat tergantung dengan saya. Walaupun terkadang dia tipe yang nekat, maksudnya kalau ada keinginan dia pasti akan lakukan, seperti memanggil tukang jualan yang lewat depan rumah. Dia bukan tipikal anak pemalu, namun kalau ada sedikit saja yang mengganggu kepercayaan dirinya, atau ada yang membuatnya takut, kepercayaan dirinya itu langsung runtuh. Banyak sekali kemandirian yang harus saya bangun untuknya, salah satunya adalah aspek emosi. Mengapa aspek emosi yang saya munculkan? Karena dedey masih berlatih terus untuk memgendalikan dirinya, dan jika menginginkan sesuatu cenderung lebih agresif, contohnya adalah berguling-guling di lantai mal.

Nah pada hari pertama ini dedey dan anak- anak yang lain belajar untuk gosok gigi sebelum tidur malam. Dedey, yang pada dasarnya senang main air, tentu saja sangat menyukai kegiatan main air ini. Hari pertama dilewati dengan relatif mudah. Semua anak-anak mau diajak untuk gosok gigi sebelum tidur. Tidak lupa saya juga menyelipkan pentingnya merawat gigi pada anak-anak agar besok harinya mereka mau gosok gigi malam lagi. 

#harikesatu
#tantangan10hari
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatih kemandirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar