Kamis, 02 November 2017

Hari ke #1 Mbak belajar toilet training

Mbak, 3y8m, masih suka ngompol di malam hari. Itu sebabnya dia masih saya pakaikan pampers di malam hari. Mengingat usianya semakin bertambah dan demi mengurangi budget untuk beli pampers (haha emak-emak irit) maka emaknya ini berniat untuk mengajari Mbak toilet training di malam hari. Kebetulan pula emaknya ini sedang mengikuti kelas bunda sayang dengan tema, "komunikasi produktif", tema yang sangat pas untuk sounding pada Mbak agar tidak menggunakan pampers di malam hari.

Malam ini dimulai dengan duduk bertatapan dengannya sambil ngobrol, "Mbak nanti malam pakai cd aja ya ", dia pun mengangguk. Emaknya gak nyangka anaknya bakal setuju. "Mbak kan udah besar ya, nanti sebelum tidur mbak pipis dulu ya", dia pun lantas menjawab, "Mbak mau pipis sekarang, Ma".

Segera kami masuk ke kamar mandi. Ah mumpung mau sekalian aja emaknya ngajakin anak-anak gosok gigi. "Siapa yg mau gosok gigi?". Anak-anak kompak berteriak, "Saya!!!". Berhubung anak- anak sedang bersemangat, sekalian saja saya ajak gosok gigi sambil berdoa semoga ini berlanjut. Si kecil bahkan menawar, "Dedek mau mandi, Ma". Sambil menunggu Mbak pipis, saya pun menyiram tubuh si kecil beberapa kali agar badannya terasa agak segar. Memang Bandung beberapa hari ini terasa agak gerah.

Setelah selesai prosesi di kamar mandi, anak-anak lalu saya ajak tidur, tidak lupa pula membawakan perlak yang dialasi kain untuk alas tidur Mbak. Sambil dikeloni, saya bisikkan sama Mbak, "Mbak nanti kalau mau pipis bangun ya". Dia pun mengangguk.

Ternyata menyounding Mbak untuk tidak pakai pampers di malam hari, relatif lebih mudah daripada si Kakak. Mohon doanya ya, mudah-mudahan hari ke #1 toilet training Mbak berhasil....

#hari1
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasi produktif
#kuliahbunsayiip


Tidak ada komentar:

Posting Komentar